I. Perkalian belasan dengan belasan.
Contoh : 14 x 17
Pada perkalian ini :
(1) satuan x satuan
(2) satuan + satuan
(3) puluhan x puluhan
Jadi, dengan memperhatikan syarat-syarat di atas, maka
(a) 4 x 7 = 28 (2 disimpan)
(b) (4 + 7) + 2 = 30 (3 disimpan) ingat 2 adalah simpanan
(c) (1 x 1) + 3 = 4 ingat 3 adalah simpanan
Jadi 14 x 7 = 4 0 8
INGAT, setiap cara-cara yang kami jabarkan disini harus terus dilatih sehingga ANDA dapat mencapai kecepatan maksimal dalam melakukan proses setiap perhitungan cepat.
II. Perkalian belasan dengan ratusan
Contoh : 432 x 13
Pada perkalian ini harus diperhatikan langkah-langkah yang ditempuh ya
(2) (3 x 3) + 2 = 11 (1 disimpan)
(3) (3 x 4) + 3 + 1 = 16 (1 disimpan) ingat 1 adalah simpanan
Jadi hasilnya 432 x 13 = 5616
Tetap terus latihan ya, hingga mencapai waktu terbaik…
Tehnik perkalian cepat ada bermacam-macam variasinya, bila ketemu persoalan yang lain belum tentu bisa dengan cara ini. Tetapi semuanya akan saya jelaskan satu persatu (karena seperti kita saat sedang dahaga, ingin minum tetapi gelasnya diisi air terus sampai tumpah dan belum sempat kita minum... jadi mubazir).
Tehnik perkalian cepat ada bermacam-macam variasinya, bila ketemu persoalan yang lain belum tentu bisa dengan cara ini. Tetapi semuanya akan saya jelaskan satu persatu (karena seperti kita saat sedang dahaga, ingin minum tetapi gelasnya diisi air terus sampai tumpah dan belum sempat kita minum... jadi mubazir).
Sementara ini yang perlu diketahui :
1. Perkalian Belasan I (dengan belasan)
2. Perkalian Belasan II (dengan puluhan, ratusan atau ribuan)
3. Puluhan I (jika pul. sama & sat berjumlah 10)
4. Puluhan II (jika pul berbeda 1 & sat berjumlah 10)
5. Puluhan III (jika puluhan berbeda jauh)
6. Puluhan IV (puluhan yang mendekati 100)
7. Puluhan V (kuadrat bil puluhan)
8. Ratusan I (ratusan mendekati puluhan)
9. Ratusan II (berbeda jauh)
10. Ratusan III (mendekati ribuan)
11. Ratusan IV (dengan ribuan/puluhan ribu)
12. Ribuan I
Ada beberapa orang tua siswa/i saya yang bertanya, apa perlunya perkalian ratusan dan ribuan di pelajari (cara cepatnya)?
Saya balik bertanya, apakah anak anda diijinkan untuk membawa kalkulator, simpoa, atau alat bantu hitung yang lain saat hendak mengikuti ulangan harian, semester, atau UAN?
Bagaimana caranya untuk menghitung perkalian/pembagian bilangan desimal (min 2 angka di belakang koma)? Terlebih-lebih jika menyangkut soal-soal bangun ruang (volume atau luas permukaan)?
Saya mengajarkan kepada siswa/i les saya untuk menggunakan cara cepat perkalian ratusan dan ribuan dengan tidak menghiraukan koma terlebih dahulu. Setelah mendapatkan hasilnya, baru kita perhatikan komanya...